PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS MELALUI PENDEKATAN PAKEM YANG BERINTEGRASI DENGAN PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER PADA SISWA DI SMP SE-PROPINSI GORONTALO (Anggota 2)

Main Author: Gamar Abdullah
Format: Penelitian
Terbitan: , 2014
Subjects:
Di
Smp
2)
Online Access: http://repository.ung.ac.id/riset/show//823/pengembangan-model-pembelajaran-sains-melalui-pendekatan-pakem-yang-berintegrasi-dengan-pendidikan-berbasis-karakter-pada-siswa-di-smp-se-propinsi-gorontalo-anggota-2.html
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan model pembelajaran sains dengan pendekatan PAKEM yang berintegrasi dengan pendidikan karakter bagi siswa di SMP se-Propinsi Gorontalo. Melalui penelitian ini diharapkan dapat (1) mengembangkan pembelajaran Sains melalui pendekartan PAKEM yang berintegrasi dengan pendidikan karakter meliputi: rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP),lembar kegiatan siswa (LKS), instrumen penilaian (IP), buku siswa (BM), buku petunjuk guru (BPG), dan buku petunjuk siswa (BPS), (2) menguji kelayakan model pembelajaran Sains dengan pendekatan PAKEM yang berintegrasi dengan pendidikan karakter bagi siswa, (3) mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Sains melalui pendekatan PAKEM yang berintegrasi dengan pendidikan berbasis karakter bagi siswa.Untuk mencapai target tersebut akan digunakan metode pengembangan dari Thiagarajan (1974) yang terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) pendefinisian (define), (2) perencanaan (design), (3) pengembangan (develop) (4) pendesiminasian (disseminate), model ini sering disebut Model 4-D (four D Model). Pada tahun pertama penelitian difokuskan pada pengembangan model pembelajaran sains dengan pendekatan PAKEM yang berintegrasi dengan pendidikan karakter bagi siswa di SMP se-kota Gorontalo. Penelitian ini telah dapat menunjukkan bahwa perangkat yang telah dikembangkan telah mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa juga mampu menghadirkan pembelajaran berbasis karakter pada pembelajaran sains di SMP se-Kota Gorontalo.