Pengukuran Kinerja Kerja Instalasi Farmasi RSUD Toto Kabila Dengan Pendekatan BSC Pada Perspektif Keuangan Dan Pelanggan Tahun 2016

Main Author: MOHAMAD NUR RIZKY RAUF
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2017
Subjects:
Bsc
Dan
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/821413035/pengukuran-kinerja-kerja-instalasi-farmasi-rsud-toto-kabila-dengan-pendekatan-bsc-pada-perspektif-keuangan-dan-pelanggan-tahun-2016.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Moh. Nur Rizky Rauf. 2017. Pengukuran Kinerja Kerja Instalasi Farmasi RSUD Toto Kabila Dengan Pendekatan BSC Pada Perspektif Keuangan Dan Pelanggan Tahun 2016. Skripsi, Program Studi S1, Jurusan Farmasi, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Widysusanti Abdulkadir, M.Si..,Apt dan Pembimbing II Madania S.Farm.., M.Sc.,Apt Pengukuran kinerja menggunakan BSC menawarkan solusi pengukuran kinerja yang lebih menyeluruh dan komprehensif baik segi keuangan maupun pelanggan dalam suatu organisasi publik di antaranya Instalasi Farmasi Rumah Sakit. Tujuan penelitian ini adalah mengukur kinerja Instalasi Farmasi RSUD Toto Kabila dengan pendekatan balanced scorecard (BSC) pada perspektif keuangan dan pelanggan tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian Observatif bersifat Cross Sectional.Data primer yang diperoleh melalui pembagian kuesioner, wawancara dengan kepala Instalasi Farmasi RSUD Toto Kabila, dan observasi langsung. Data sekunder diperoleh dari arsip kepegawaian rumah sakit, laporan keuangan dan dokumen Farmasi RumahSakit Toto Kabila.Hasilpenelitianpengukurankinerja Instalasi Farmasi RSUD Toto kabila pada perspektif keuangan ditinjau dari tingkat persediaan obat mengalamipeningkatantiaptahunnya, Untuk TOR mengalami perputaran keuangan yang masih rendah yaitu sebesar 7,19 kali, pada perspektif pelanggan untuk tingkat keterjaringan pasien mengalami peningkatan dari tahun 2015-2016 dengan rata-rata presentase sebesar 94,73 %, untuk kepuasan pelanggan tergolong dalam kategori puas dengan presentase sebesar 79,23 %, dan untuk pertumbuhan pelanggan mengalami peningkatan dengan presentase sebesar 8,2 %. Kata Kunci : Balanced Scorecard, Keuangan, Pelanggan, Instalasi Farmasi.