IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH STENOGRAFI
Main Author: | Melizubaida Mahmud |
---|---|
Format: | Journal |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/hasilriset/show//619/identifikasi-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-motivasi-belajar-mahasiswa-pada-mata-kuliah-stenografi.html |
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar stenografi di program studi pendidikan ekonomi perkantoran fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar stenografi dapat memberikan informasi yang bermanfaat dalam proses belajar mengajar. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di program studi Pendidikan Ekonomi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksplanasi, yang menjelaskan keterkaitan berbagai macam faktor dengan fenomena yang diamati. adapun teknik analisis yang digunakan adalah Exploratory Factor Analysis (EFA). Hasil analisis faktor yang menunjukkan bahwa aspek yang paling berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa dalam mata kuliah stenografi adalah penilaian mahasiswa terhadap manfaat mata kuliah stenografi sebesar 90%. Faktor selanjutnya yang berpengaruh terhadap minat belajar adalah ketersediaan buku, handout serta sarana penunjang lainnya sebesar 84%. Sedangkan aspek terendah yang berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa dalam mata kuliah stenografi yakni dukungan teman-teman di kelas dan intensitas belajar mandiri sebesar 65%. Kata Kunci: Motivasi Belajar dan Stenografi