STRATEGI PEMASARAN KANGKUNG DARAT DI DESA TOLUWAYA KECAMATAN BULANGO TIMUR KABUPATEN BONE BOLANGO

Main Author: RAHMAD ABAIDATA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Di
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/614409053/strategi-pemasaran-kangkung-darat-di-desa-toluwaya-kecamatan-bulango-timur-kabupaten-bone-bolango.html
Daftar Isi:
  • RAHMAD ABAIDATA. 614409053. 2014. Strategi Pemasaran Kangkung Darat Di Desa Toluwaya Kecamatan Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango Dibawah bimbingan Asda Rauf dan Yanti Saleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikadi faktor eksternal dan internal dalam pemasaran kangkung darat di Desa Toluwaya Kecamatan Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango dan untuk mengetahui strategi pemasaran kangkung darat di Desa Toluwaya Kecamatan Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober sampai Desember 2014. Metode yang digunakan adalah metode survey. Data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder. Penentuan sampel petani menggunakan metode sensus, sehingga jumlah sampel adalah 25 petani. Analisis yang digunakan adalah analisis SWOT dan Matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukan (1) Faktor-faktor internal yaitu kekuatan dan ancaman meliputi: kekuatan yaitu letak wilayah yang strategis dan harganya terjangkau. Sedangkan faktor eksternal meliputi peluang dan ancaman. Peluang: dapat dilihat dari permintaan kangkung darat di Desa Toluwaya Kecamatan Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Ancaman dapat di lihat dari tingginya tingkat persaingan kangkung darat dengan komoditi lain (2). Strategi yang diterapkan dalam pemasaran kangkung darat di Desa Toluwaya kecamatan Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango berada pada kuadran 1. Kata kunci :Strategi,Pemasaran, Analisis SWOT.