STRATEGI PEMASARAN KOPRA DI KECAMATAN DENGILO KABUPATEN POHUWATO
Main Author: | SADRUN AHMAD |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/614408076/strategi-pemasaran-kopra-di-kecamatan-dengilo-kabupaten-pohuwato.html |
Daftar Isi:
- Sadrun Ahmad "614408076", 2014 Strategi Pemasaran Kopra di Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato, dibawah bimbingan Mahludin Baruwadi dan Wawan Tolinggi. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana saluran pemasaran kopra di Kecamatan Dengilo dan untuk merumuskan strategi pemasaran kopra. Metode penelitian ini adalah penelitian survey,pengumpulan data diambil melalui data primer merupakan hasil wawancara, kuesioner,observasi dan dokumntasi. Data sekunder diperoleh oleh peneliti melalui Badan Pusat Statistik, laporan dari Dinas Pertanian. Metode analisis menggunakan adalah metode analisis kualitatif dengan melakukan analisis SWOT terkait pemasaran kopra yang meliputi analisis faktor internal dan eksternal Kecamatan Dengilo. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemasaran kopra di Kecamatan Dengilo terdiri dari beberapa saluran pemasaran. Selain itu strategi pemasaran kopra di Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Adapun kekuatan strategi pemasaran yaitu banyaknya petani kopra, terdapat Pabrik Minyak Kelapa dan letak wilayah Kecamatan Dengilo yang strategis. Sedangkan kelemahan dalam strategi pemasaran kopra adalah rendahnya produksi kopra, tidak ada gudang penampungan dan keterbatasan sarana produksi yang dimiliki petani kopra berupa kendaraan pengangkut, mesin pengering kelapa. Peluang yang dihadapi dalam strategi pemasaran kopra yaitu dukungan Dinas Pertanian Kabupaten Pohuwato dan banyaknya permintaan kopra. Ancaman dalam strategi pemasaran kopra yaitu adanya pengembangan kelapa sawit di Kabupaten Pohuwato, panjangnya rantai pemasaran kopra dan rendahnya standar kualitas kopra.