EFISIENSI PEMASARAN NANAS DI DESA LOBONG KECAMATAN PASSI BARAT KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW

Main Author: CHRISANDI JORDAN MANGGOPA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/614408010/efisiensi-pemasaran-nanas-di-desa-lobong-kecamatan-passi-barat-kabupaten-bolaang-mongondow.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Chrisandi Jordan Manggopa, 614 408 010. Efisiensi Pemasaran Nanas di Desa Lobong Kecamatan Passi Barat Kabupaten Bolaang Mongondow dibawah bimbingan Supriyo Imran dan Ria Indriani Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui sistem pemasaran nanas, efisiensi saluran pemasaran nanas dan pasar yang terbentuk pada pemasaran nanas di Desa Lobong Kecamatan Passi Barat Kabupaten Bolaang Mongondow. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Desember 2012 hingga bulan Februari 2013. Dengan menggunakan metode survey, dimana data primer diperoleh dari 60 orang petani nanas, 5 orang pedagang pengumpul dan 5 orang pengecer. Dengan menggunakan Penarikan sampel Slovin. Sedangkan data sekunder diperoleh dari kantor Kecamatan Passi Barat dan Dinas Pertanian Kabupaten Bolaang Mongondow. Data diolah dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis efisiensi pemasaran (marjin pemasaran. Distribusi marjin. Farmer;s share, rasio keuntungan dan efisiensi operasional), serta analisis elastisitas transmisi harga. Hasil Penelitian menunjukan bahwa sistem pemasaran terdiri dari lembaga pemasaran (petani, pengumpul dan pengecer) dengan 3 saluran pemasaran yang terbentuk (petani-konsumen, petani-pedagang pengecer-konsumen, petani-pedagang pengumpul-pedagang pengecer-konsumen) serta Fungsi pemasaran yaitu fungsi pertukaran (penjualan dan pembelian), fungsi fisik (pengangkutan dan penyimpanan) dan fungsi fasilitas (informasi pasar). Saluran pemasaran efisien berdasarakan analisis marjin pemasaran, distribusi marjin dan farmers share , analisis rasio keuntungan dan biaya serta efisiensi operasional menunjukan saluran pemasaran yang efisien adalah saluran II. Serta pasar yang terbentuk pada pemasaran nanas berdasarkan elastisitas transmisi harga adalah bukan pasar persaingan sempurna (pasar oligopoli) dimana terdapat jumlah pedagang pengecer yang sedikit (5 orang). Kata kunci : Pemasaran, Efisiensi Pemasaran, Nanas, Marjin pemasaran, Elastisitas transmisi harga