Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Kesetimbangan Kimia melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament pada Siswa Kelas XI IPA-2 di SMA Negeri 2 Gorontalo (Penulis 3)

Main Author: Masrid Pikoli
Format: Journal
Terbitan: , 2014
Subjects:
Xi
Di
Sma
2
3)
Online Access: http://repository.ung.ac.id/hasilriset/show//552/meningkatkan-hasil-belajar-konsep-kesetimbangan-kimia-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-team-games-tournament-pada-siswa-kelas-xi-ipa-2-di-sma-negeri-2-gorontalo-penulis-3.html
Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas ini didasari oleh rendahnya aktivitas dan motivasi siswa dalam mempelajari materi kesetimbangan kimia yang berakibat terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu solusi yang dapat dilakukan oleh guru adalh menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT. Adapun subjek yang dikenakan tindakan adalah siswa kelas XI IPA2 SMA 2 Gorontalo tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 30 orang. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan beberapa perubahan terhadap kekurangan yang ditemukan dalam tiap siklus. Siklus pertama merupakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, sedangkan pada siklus kedua merupakan tindakan perbaikan dari kelemahan siklus pertama berdasarkan hasil pengamatan dan hasil evaluasi. ..