PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) UNTUK PELAYANAN NASABAH PADA PT. ASURANSI UMUM BUMIPUTERA MUDA 1967

Main Author: INAYAH ALHADAR
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2017
Subjects:
Pt.
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/531411034/penerapan-customer-relationship-management-crm-untuk-pelayanan-nasabah-pada-pt-asuransi-umum-bumiputera-muda-1967.html
Daftar Isi:
  • Persaingan yang terjadi di dunia bisnis mengharuskan perusahaan seperti PT. BUMIDA 1967 menerapkan strategi bisnis dikarenakan permasalahan yang dihadapi oleh perusahan yaitu pada proses permohonan asuransi dan pengurusan klaim, serta dalam menyampaikan keluhan, pertanyaan maupun saran masih belum efektif, karena nasabah harus mendatangi kantor secara langsung. Tujuan dari penelitian untuk menerapkan strategi bisnis Costumer Relationship Management (CRM) dalam meningkatkan pelayanan nasabah pada BUMIDA 1967 cabang Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Research and Development (R&D). Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan CRM pada sistem informasi permohonan asuransi dan klaim dapat memudahkan permohonan asuransi dan klaim, mendapatkan layanan informasi asuransi yang ditawarkan, menyampaikan keluhan, pertanyaan maupun saran serta mengukur kepuasan pelayanan nasabah. Kata kunci : CRM, Strategi Bisnis, Pelayanan, Asuransi, Nasabah