PENGARUH PEMBELAJARAN TIPE RECIPROCAL TEACHING (PENGAJARAN TIMBAL BALIK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 TAPA
Main Author: | WAHYU WIRONOTO UTOMO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/451413072/pengaruh-pembelajaran-tipe-reciprocal-teaching-pengajaran-timbal-balik-terhadap-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-geografi-di-sma-negeri-1-tapa.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Wahyu Wironoto Utomo, 2017. "Pengaruh Pembelajaran Tipe Reciprocal Teaching (Pengajaran Timbal Balik) Terhadap Hasil Belajar Siswa Geografi di SMA Negeri 1 Tapa". Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Tipe Reciprocal Teaching dengan model pembelajaran langsung pada pembelajaran geografi. Jenis penelitian ini bersifat eksperimen dengan desain Posttest only control group design. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan test hasil belajar yang diberikan pada sampel penelitian, sampel penelitian terdiri atas dua kelas yaitu kelas X1 sebagai eksperimen yang menggunakan Pengaruh Pembelajaran Tipe ReciprocalTeaching (Pengajaran Timbal Balik) sedangkan kelas X2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil uji normalitas dan homo genitas kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis didapatkan t_hitung>t_tabel yaitu 16.90>1.652 artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang menggunakan Tipe Reciprocal Teaching dan model pembelajaran langsung pada materi bumi sebagai ruang kehidupan. Hasil model pembelajaran Tipe Reciprocal Teaching lebih tinggi dengan rata-rata skor sebesar 92.83 dibandingkan dengan model pembelajaran langsung dengan rata-rata skor sebesar 92.71. Kata Kunci : Pengaruh Pembelajaran Tipe Reciprocal Teaching (Pengajaran Timbal Balik), HasilBelajar