Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Lingkungan Hidup

Main Author: HUSAEN ISMAIL
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/451412039/pengaruh-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-teams-games-tournament-terhadap-hasil-belajar-siswa-pada-materi-lingkungan-hidup.html
Daftar Isi:
  • Husaen Ismail.2016."Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Lingkungan Hidup". Pembimbing 1, Dr. Sunarty S Eraku M.Pd dan pembimbing 2, Muh. Kasim S.T, M.T Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran Tutor Sebaya pada materi lingkungan hidup. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMA Prasetya Gorontalo yang berjumlah 2 kelas, kemudian ditentukan 2 kelas tersebut untuk menjadi sampel penelitian ini dengan menggunakan pengambilan sampel total. Pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan intrument tes. Instrumen penelitian berupa tes essay. Data di uji normalitasnya dengan menggunakan uji Liliefors = 0,05 dengan hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yakni thitung = 3,103 dan ttabel = 1,68023, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Tutor Sebaya. Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tounament yakni 29,17 lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Tutor Sebaya yakni 26,02. Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament, Hasil Belajar.