DESKRIPSI KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBUKA DAN MENUTUP PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA NEGERI DI KABUPATEN BONE BOLANGO

Main Author: NURSINA SIMAL
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Dan
Sma
Di
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/451412020/deskripsi-keterampilan-guru-dalam-membuka-dan-menutup-pembelajaran-geografi-sma-negeri-di-kabupaten-bone-bolango.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nursina Simal. 2016. Deskripsi Keterampilan guru dalam membuka dan menutup pembelajaran geografi Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Bone Bolango. Hasil, Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Nawir Sune, M.Si dan Pembimbing II Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterampilan guru dalam membuka dan menutup pelajaran pembelajaran geografi (2) mengetahui aspek-aspek apa saja yang perlu diperbaiki agar keterampilan dalam membuka dan menutup pembelajaran menjadi lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Intrumen yang digunakan sebagai alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah instrument lembar observasi. Adapun teknik penggunaan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian keterampilan guru dalam membuka dan menutup pembelajaran geografi di SMA Negeri di Kabupaten Bone Bolango tiap sekolah berbeda-beda. Apabila dilihat dari segi indikator membuka dan menutup pembelajaran disetiap sekolah indikator yang dilakukan dengan sangat baik yaitu membuat kaitan, indikator yang dilakukan dengan baik dan cukup yaitu menarik perhatian peserta didik, memberi acuan dan membuat kaitan sedangkan indikator yang sangat kurang dilakukan adalah memberi evaluasi. Kata Kunci: Keterampilan guru dalam membuka dan menutup pembelajaran geografi