MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIM KUIS (QUIZ TEAM) PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI (Suatu Penelitian Tindakan Kelas di SMA Negeri 1 Limboto)
Main Author: | LESTARY DIRININGSY RASYID |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/451412016/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-penerapan-metode-pembelajaran-aktif-tim-kuis-quiz-team-pada-mata-pelajaran-geografisuatu-penelitian-tindakan-kelas-di-sma-negeri-1-limboto.html |
Daftar Isi:
- Lestary Diriningsy Rasyid. 2016. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Tim Kuis (Quiz Team) Pada Mata Pelajaran Geografi". Suatu penelitian di SMA Negeri 1 Limboto. Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Prodi Pendidikan Geografi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Pembimbing I. Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing II. Dr. Fitryane Lihawa, M.Si. Penelitian ini adalah suatu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Limboto. Penelitian ini menggunakan metode Tim Kuis (Quiz Team) dengan jumlah siswa yang dikenai tindakan 29 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah 80% dari siswa yang memperoleh nilai 75 keatas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran aktif Tim Kuis (Quiz Team) ini terdapat peningkatan yang nampak,pada siklus I menunjukan 37,94% siswa yang memenuhi KKM dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82,75% siswa yang memenuhi KKM.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Tim Kuis (Quiz Team) pada materi Atmosfer dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Limboto. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Aktif Tim Kuis (Quiz Team), Atmosfer