PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERI LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI HIDROSFER

Main Author: IRAWATI S. AMAS
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2017
Subjects:
X
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/451411023/pengaruh-model-pembelajaran-discoveri-learning-terhadap-hasil-belajar-siswa-kelas-x-pada-materi-hidrosfer.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK IrawatiS. Amas, 2016. Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi hidrosfer, skripsi, prodi pendidikan geografi, jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Universitas Negri Gorontalo.Pembimbing I Dr. MasriKudrat Umar M.Pd, Pembimbing II Ahmad Zainuri, S.Pd, M.T Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi khususnya pada materi hidrosfer yang diajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Populasi pada penelitian ini adalah jumlah keseluruhan siswa kelas XIPS SMA Negri 1 Bokat dan yang dijadikan sampel sebagai kelas eksperimen yaitu kelas XAdan dijadikan sampel kelas control yaitu kelas XB.Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes uraian yang berjumlah 15 butir soal untuk masing-masing kelas. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa kedua kelas yang di jadikan sampel penelitian benar-benar normal dan homogen.hal ini dibuktikan dengan uji normalitas data yaitu data untukvariabel X-1nilai X2 hitung< X2 tabelatau5,360< 15.086, dan untuk variable X-2 nilai X2 hitung< X2 tabelatau4,909