PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI TOPIK LINGKUNGAN HIDUP

Main Author: ARIANI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/451410112/pengaruh-metode-pembelajaran-tutor-sebaya-terhadap-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-geografi-topik-lingkungan-hidup.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ariani. 2014. Pengaruh Metode pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada mata Pelajaran Geografi Topik Lingkungan Hidup. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing II Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Suwawa. Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya termodifikasi dengankelas yang menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. Seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Suwawa pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 menjadi populasi penelitian ini dan diambil dua kelas sebagai sampel, yang penarikan sampelnya menggunakan teknik ClusterRandomSampling. Kedua kelas diberikan tes sebanyak dua kali, yaitu Pretest dan Posttest. Hasil Pretest dan Posttestdiperoleh nilai rata-rata kemajuan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana pada kelas eksperimen adalah 25,59 dan rata-rata kemajuan hasil belajar siswa pada kelas kontrol adalah 20,59.Secara statistik untuk mengetahui sejauh mana skor kemajuan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya termodifikasi dengankelas yang menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya, di uji dengan menggunakan teknik uji statistika parametrik dengan statistika uji t.Hasil uji t, diperoleh nilai thitung = 3,402untuk = 0,05 diperoleh nilai tdaftar = 2,021 hal ini menunjukan bahwa H0ditolak dan terima H1. Dengan demikian bahwa hipotesis yang telah dirumuskan yaitu "Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya termodifikasidengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya". Kata Kunci : Metode Tutor Sebaya Termodifikasi, Metode Pembelajaran Tutor Sebaya, Hasil Belajar.