Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Question Student Have (QSH) pada Mata Pelajaran Geografi Topik Pelestarian Lingkungan Hidup (Suatu Penelitian di Kelas XI SMA Prasetya Gorontalo

Main Author: WA ODE SAMLIA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Di
Xi
Sma
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/451410103/meningkatkan-minat-belajar-siswa-dengan-menggunakan-metode-question-student-have-qsh-pada-mata-pelajaran-geografi-topik-pelestarian-lingkungan-hidup-suatu-penelitian-di-kelas-xi-sma-prasetya-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Wa Ode Samlia, 451 410 103. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Question Student Have (QSH) pada Mata Pelajaran Geografi Topik Pelestarian Lingkungan Hidup (Suatu Penelitian di Kelas XI SMA Prasetya Gorontalo). Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMA Prasetya Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan metode Question Student Have (QSH) pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS 1. Siswa yang dikenai tindakan berjumlah 12 orang pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Penelitian tindakan ini mengacu pada model Spiral dari Kemmis dan Taggart. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket minat belajar siswa, lembar pengamatan kegiatan siswa, lembar pengamatan kegiatan guru, dan lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang melibatkan beberapa orang pengamat. Pada setiap akhir siklus semua data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil tindakan pada siklus I, diperoleh rata-rata minat belajar siswa meningkat menjadi 75.81%, sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata minat belajar siswa meningkat menjadi 82.24%. Karena terjadi penigkatan minat belajar siswa, maka penelitian diakhiri pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Question Student Have (QSH) dapat meningkatkan minat belajar siswa. Kata kunci : Metode Question Student Have, Minat Belajar Siswa