PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TEKNIK EVERY ONE IS A TEACHER HERE DIPADUKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KWANDANG

Main Author: LIDYAWATI PAKAYA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
One
Is
A
Xi
Ips
Sma
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/451410064/penerapan-model-pembelajaran-aktif-teknik-every-one-is-a-teacher-here-dipadukan-dengan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-stad-untuk-meningkatkan-hasil-belajar-geografi-pada-siswa-kelas-xi-ips-sma-negeri-2-kwandang.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Lidyawati Pakaya. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Aktif Teknik Every Is a Teacher Here Dipadukan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kwandang. Skripsi. Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Yoseph Paramata, M.Pd. dan pembimbing II Citron S. Payu, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar geografi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kwandang melalui model pembelajaran aktif teknik every one is a teacher yang dipadukan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I jumlah siswa yang hasil belajarnya baik meningkat menjadi 19 orang (76%). Pada siklus II jumlah siswa yang hasil belajarnya baik meningkat menjadi 23 orang (92%). Kesimpulan yakni model pembelajaran aktif teknik every is a teacher here dipadukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD maka hasil belajar geografi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kwandang dapat ditingkatkan. Kata Kunci: Teknik Every One is A Teacher Here, STAD, Hasil Belajar