Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Hidrosfer ( Suatu Penelitian di SMA Negeri 1 Bonepantai Kelas X)
Main Author: | WISRAWATI DUTIE |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/451410052/pengaruh-penerapan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-make-a-match-terhadap-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-geografi-materi-hidrosfer-suatu-penelitian-di-sma-negeri-1-bonepantai-kelas-x.html |
Daftar Isi:
- Wisra. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Materi Hidrosfer (Suatu Penelitian di SMA Negeri 1 Bonepantai pada Siswa Kelas X). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe giving question and getting answer pada mata pelajaran Geografi materi Hidrosfer kelas X SMA Negeri 1 Bonepantai. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan rancangan posttest - control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Bonepantai T.P 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampeling. Data hasil belajar siswa yang dikumpulkan dengan menggunakan instrument tes hasil belajar. Selanjutnya data diuji normalitasnya dengan menggunakan analisis statisti Chi-Kuadrat. Hasilnya adalah bahwa 2hitung < 2tabel yaitu hasil belajar yang dibelajarkan menggunakan make a match sebesar 8,654 < 11,070 dan untuk hasil belajar yang dibelajarkan menggunakan giving question and getting answer sebesar 6,348< 11,070. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t menunjukan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,763 > 2,000. Hal ini berarti bahwa hasil pengujian menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan yang dibelajarkan menggunakan kooperatif tipe giving question and getting answer. Demikian pula skor rata-rata kemajuan hasil belajar siswa dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran make a match lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran giving question and getting answer yaitu x _1 = 87 > x _2 = 80. Dengan demikian penerapan model pembelajaran make a match dapat memberikan hasil yang lebih tinggi terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrosfer. Kata Kunci: Model Pembelajaran kooperatif tipe Make a Match, hasil belajar siswa