PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 KWANDANG KABUPATEN GORONTALO UTARA

Main Author: GUSTI AYU MADE ANTARI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Di
Sma
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/451410017/pengaruh-penggunaan-model-pembelajaran-cooperative-script-terhadap-hasil-belajargeografi-di-sma-negeri-1-kwandangkabupaten-gorontalo-utara.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Gusti Ayu Made Antari. 2014. "Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Geografi di SMA Negeri 1 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara". Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi, dibawah bimbingan Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dengan Dr. Eng. Sri Maryati, S.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar geografi menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dengan model pembelajaran Talking Stick di SMA Negeri 1 kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri Kwandang, dengan di ambil dua kelas sebagai sampel yaitu kelas eksperimen ( XI IPS2) dan kelas kontrol (XI IPS3), penarikan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Desain penelitian ini menggunakan Post Test-Only Control Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang berupa test essay. Test essay ini diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu Post Test. Secara statistik, skor rata-rata hasil belajar geografi pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dan kelas yang menggunakan model pembelajaran Talking Stick di uji perbedaannya dengan menggunakan statistik uji t. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 2,60 untuk = 0,05 dan ttabel = 2,00, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Demikian pula terlihat pada rata-rata hasil belajar geografi yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Script yakni 43,56 lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar geografi yang menggunakan model pembelajaran Talking Stick yakni 41. Dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar geografi antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran Talking Stick, cocok digunakan khususnya pada pokok bahasan biosfer dalam pembelajaran geografi di SMA Negeri I Kwandang. Kata Kunci : Model Cooperative Script, Hasil Belajar Geografi di SMA Negeri I Kwandang