PENGARUH REFLEKSI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 BOLAANG PADA TOPIK HIDROSFER
Main Author: | NENA RIFONI DAENG MASENGE |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/451409089/pengaruh-refleksi-terhadap-motivasi-belajar-siswa-smp-negeri-1-bolaang-pada-topik-hidrosfer.html |
Daftar Isi:
- iv ABSTRAK Nena Rifoni Daeng Masenge. 2013 Pengaruh Refleksi Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bolaang Pada Topik Hidrosfer (suatu penelitian di SMP Negeri 1 Bolaang). Peneliti ini merupakan studi eksperimen di SMP Negeri 1 Bolaang yang meneliti tentang motivasi belajar dengan menggunakan refleksi pembelajaran pada materi hidrosfer. Peneliti ini bertujuan untuk melihat pengaruh refleksi pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Pengaruh refleksi pembelajaran dapat dilihat dari ada atau tidaknya perbedaan di kelas yang menggunakan refleksi pembelajaran dengan kelas yang tidak menggunakan refleksi pembelajaran. Dalam penelitian ini dilibatkan dua kelas sebagai objek penelitian masing-masing terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Seluruh kelas VII di SMP Negeri 1 Bolaang menjadi populasi pada penelitian ini dan diambil dua kelas sampel yang penarikan sampelnya menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Peneliti ini menggunakan desain angket awal- angket akhir Control Group Design. Variabel ekksperimen pada penelitian ini adalah refleksi pembelajaran dan variabel respon motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan instrumen angket. Berdasarkan kriteria pengujian yang digunakan diperoleh bahwa pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan refleksi pembelajaran lebih tinggi motivasi belajar siswa yaitu memperoleh skor rata-rata 152,088 dibandingkan dengan kelas kontrol rendah yang tanpa diberikan perlakuan refleksi pembelajaran yaitu memeproleh skor rata-rata 127,5, sehingga terdapat perbedaan antara motivasi belajar siswa eksperimen dan kelas kontrol. Kata-kata kunci : refleksi pembelajaran, motivasi belajar, hidrosfer