Pengembangan Model Pembelajaran Geografi Melalui Penggunaan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar

Main Author: SANTRIANI HASAN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/451409069/pengembangan-model-pembelajaran-geografi-melalui-penggunaan-lingkungan-sebagai-sumber-belajar.html
Daftar Isi:
  • Santriani Hasan, 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Geografi Melalui Penggunaan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar (LS2B) Dalam Pembelajaran Geografi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan di SMA Negeri 4 Gorontalo pada kelas XI IPS4 . Hasil pengembangannya berupa Model Pembelajaran Kooperatif Lingkungan Sebagai Sumber Belajar, dengan langkah- langkah pembelajaran meliputi; (1) memberikan apersepsi, (2) memberikan motivasi, (3) menyampaikan tujuan pembelajaran, (4) menyampaikan materi yang akan disajikan, (5) menuju tempat (lingkungan) yang menjadi sumber belajar, (6) mengorganisasikan siswa kedalam beberapa kelompok, (7) meminta siswa untuk mencatat berbagai hal yang mereka temukan di lingkungan yang ada kaitannya dengan materi pembelajaran, (8) membagi LKS dan Bahan ajar kepada siswa, (9) membimbing siswa untuk mengerjakan LKS, (10) meminta perwakilan dari masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil yang mereka dapatkan, (11) memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk bertanya, (12) guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran, (13) memberikan penghargaan, (14) evaluasi dalam bentuk pertanyaan secara lisan, dan (15) memberikan tugas kepada siswa untuk membuat laporan mengenai apa yang mereka dapatkan. Kata kunci: pengembangan, sumber belajar