PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS POWERPOINT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI
Main Author: | INDRAMAYA TONGKONOO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/451409036/pengaruh-penggunaan-media-audio-visual-berbasis-powerpoint-terhadap-minat-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-geografi.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Indramaya Tongkonoo. 2013. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Berbasis powerpoint Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen di SMA Negeri I Bonepantai. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan minat belajar siswa pada kelas yang menggunakan media audio visual berbasis powerpoint dengan minat belajar siswa pada kelas yang menggunakan media powerpoint verbal, yang melibatkan kelas eksperimen (X1) dan kelas kontrol (X2) dengan jumlah siswa keseluruhan 56 orang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik parametrik uji kesamaan dua rata-rata, dengan pendekatan yang digunakan adalah pengujian validitas, realibilitas, dan uji t. Dari hasil pengujian hipotesis didapatkan hitung t > tabel t yaitu 3.85 > 2,00. Sehingga dari hasil ini menunjukkan bahwa terdapat Perbedaan minat belajar siswa antara kelas yang menggunakan media audio visual berbasis powerpoint dengan kelas yang menggunakan media powerpoint verbal terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Kata Kunci : Media Audio Visual Berbasis Powerpoint, Media Powerpoint Verbal, dan Minat Belajar Siswa