penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dan talking stick dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrosfer

Main Author: RANGERS DJAMALU
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
And
Dan
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/451409033/penggunaan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-picture-and-picture-dan-talking-stick-dengan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-talking-stick-terhadap-hasil-belajar-siswa-pada-materi-hidrosfer.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK RANGERS DJAMALU. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Dan Tipe Talking Stick Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi HidrosferPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dengan tipe talking stick serta yang yang menggunakan model pembelajaran kooperatif talking stick tanpa metode picture and picture. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tapa. Sampel diambil dengan menggunakan tehnik clustersampling kemudian dirandom untuk mengetahui kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah dirandom didapatkan kelas eksperimen adalah X1, jumlah siswa sebanyak 27 orang dan kelas control adalah X7 dengan jumlah siswa 28 orang. Teknik analisis data menggunakan uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dengan uji lilefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji kesamaan dua varians. Dari hasil pengujian disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dan tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa, dapat dilihat bahwa t_hitung>t_tabelatau 14,73> 2,021 dengan kata lain t_hitungberada diluar daerah penerimaan hipotesis H_0 (H_0ditolak) yang berarti menerima hipotesis alternatif (H_1 diterima) hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas control Kata Kunci: picture and picture, talking stick dan hasil belajar