Pengaruh Open Class Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Topik Hidrosfer

Main Author: SRI UTAMI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/451408127/pengaruh-open-class-terhadap-hasil-belajar-siswa-pada-topik-hidrosfer.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Sri Utami. 2012. Pengaruh Open Class Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Topik Hidrosfer. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo.Di bawah bimbingan Bapak Dr.rer.nat. Mohamad Jahja dengan Ibu Nova E Ntobuo S.Pd M.Pd Penelitian ini mengkaji tentang Open Class. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan Open Class dengan hasil belajar siswa pada kelas yang tidak menggunakan Open Class. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Gorontalo. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Posttest Only Control Design. Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh Open Class dapat terlihat dengan adanya perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan Open Class dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan Open Class, yaitu kelas eksperimen memiliki hasil belajar 7,03 % lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian, adanya perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Open Class terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : Open Class, Hasil belajar siswa