Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Geografi Melalui Metode Demonstrasi Di SMA Tridharma Gorontalo
Main Author: | SALWIA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/451408122/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-kelas-x-pada-mata-pelajaran-geografi-melalui-metode-demonstrasi-di-sma-tridharma-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Salwia (2012). Meningkatakan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Geografi Melalui Metode Demonstrasi Di SMA Tridharma Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 di kelas X SMA Tridharma Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode demonstrasi dengan jumlah siswa yang dikenai tindakan 29 orang yang terdiri dari 18 orang siswa putra dan 11 orang siswa putri. Penelitian berlangsung dalam dua siklus. Data diperoleh melalui lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan belajarnya sebesar 65,52%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Dengan demikian hipotesis tindakan teruji kebenarannya yaitu: Dengan menggunakkan metode demonstrasi dalam pembelajaran geografi pada materi pedosfer siswa kelas X SMA Tridharma Gorontalo dapat meningkatkan ketuntasan belajar hingga 100% maka hasil belajar siswa akan meningkat. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Demontrasi.