penarapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrosfer
Main Author: | ROHANI YUSUF |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/451408112/penarapan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-make-a-match-terhadap-hasil-belajar-siswa-pada-materi-hidrosfer.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Rohani.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrosfer Siswa Kelas X MAN Model Gorontalo Tahun Pelajaran 2011/2012.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan kelas yang mengunakan metode diskusi pada materi hidrosfer. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X MAN Model Gorontalo dan sampel dalam penelitian ini yakni kelas X5dengan jumlah siswa 21sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 dengan jumlah siswa 23 sebagai kelas kontrol.Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest- control group design. Pengumpulan data yang digunakan dengan mengunakan instrumet tes. Instrumen penelitian berupa tes essay sebanyak 6 butir soal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membuat daftar hasil tes siswa pada kedua kelompok tersebut. Selanjutnya data diuji normalitasnya dengan menggunakan analisis statistik Chi-Kuadrat. Hasilnya adalah bahwa x2hitung