PENGARUH PENGGUNAAN METODE INSIDEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROSFER
Main Author: | RATNA LA RATA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/451408106/pengaruh-penggunaan-metode-insiden-terhadap-hasil-belajar-siswa-pada-materi-hidrosfer.html |
Daftar Isi:
- Ratna La Rata. Pengaruh Penggunaan Metode Insiden Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrosfer. Penelitian yang dilakukan merupakan suatu kajian studi eksperimen yang di salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di Kota Gorontalo yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang menggunakan metode insiden dengan siswa yang menggunakan metode ceramah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Model Gorontalo dengan jumlah siswa untuk keseluruhan siswa kelas X sebesar 215 orang. Sampel pada penelitian ini adalah melibatkan kelas eksperimen X8 dengan jumlah 21 dan kelas kontrol X9 dengan jumlah 22 orang. Desain penelitian yang dugunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan posttest-only control design. Secara statistik, data rata-rata skor hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode insiden dan kelas yang menggunakan metode ceramah di uji perbedaannnya dengan menggunakan ststistik uji t pada pengujian hipotesis. Pada kelas kentrol memiliki hasil belajar (73,2%) sedangkan kelas eksperimen (81,6%) dan aktifitas belajar berpusat pada guru. Berdasarkan temuan-temuan tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan metode insiden dengan kelas yang menggunakan metode ceramah Kata kunci : Hasil belajar siswa dengan menggunakan metode insiden