DESKRIPSI TENTANG PERILAKU BELAJAR MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Main Author: | FENCE POLAKU |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/451408030/deskripsi-tentang-perilaku-belajar-mahasiswa-pada-program-studi-pendidikan-geografi-universitas-negeri-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- Fence Polaku. Deskripsi Tentang Perilaku Belajar Mahasiswa Pada Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Negeri Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perilaku belajar mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif kuantitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu angket atau kuesioner dan wawancara serta observasi sebagai pendukung data hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku belajar mahasiswa pada program studi Pendidikan Geografi berada pada taraf kategori sedang dengan jumlah persentase untuk indikator dalam perwujudan perilaku belajar seperti kebiasaan, keterampilan, pengamatan, berpikir asosiatif dan daya ingat, berpikir rasional dan kritis, sikap, inhibisi, apresiasi, dan tingkah laku afektif adalah 75,7%. Hasil persentase ini menunjukkan bahwa perilaku belajar mahasiswa sudah cukup baik namun perlu ditingkatkan untuk dapat mencapai prestasi akademik yang diharapkan. Perilaku belajar merupakan kegiatan yang apabila dilakukan secara terus menerus maka akan menjadi suatu kebiasaan. Kata kunci : Perilaku belajar, kebiasaan belajar.