Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Topik Sumber Daya Alam ( Suatu Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas XI SMA Tridharma Kota Gorontalo )

Main Author: UPIYANTO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Xi
Sma
)
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/451407080/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-geografimelalui-model-pembelajaran-cooperative-scriptpada-topik-sumber-daya-alam-suatu-penelitian-tindakan-kelas-pada-siswa-kelas-xi-sma-tridharma-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Upi Yanto. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Topik Sumber Daya Alam Di Kelas XI SMA Tridharma Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu Dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika Dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Nawir Sune, M.Si dan Pembimbing II Daud Yusuf, S.Kom, M.Si. Penelitian ini menjawab permasalahan tentang apakah hasil belajar siswa kelas XI SMA Tridharma Kota Gorontalo pada topik sumber daya alam akan meningkat jika diterapkan model pembelajaran Cooperative Script. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Tridharma Kota Gorontalo melalui model pembelajaran Cooperative Script. Penelitian ini adalah penelitian bersiklus, dan dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Objek penelitian sejumlah 14 orang siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 4 orang siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang dicapai siswa pada siklus I hanya 64%, dan meningkat menjadi 93% pada siklus II. Pengelolaan pembelajaran yang dinilai melalui aktivitas guru mengalami peningkatan dari 53% pada siklus I, meningkat menjadi 94% pada siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I hanya sebesar 64,28%, dan meningkat pada siklus II menjadi 92,85%. Berdasarkan hasil yang dicapai, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Tridharma Kota Gorontalo. Kata Kunci : Cooperative Script, Sumber Daya Alam, Hasil Belajar Siswa