MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIFE QUESTION STUDENT HAVE PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Tridharma Kota Gorontalo)

Main Author: SRIWAHYUNI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Xi
Ips
Sma
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/451407072/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-denganmenggunakan-model-pembelajaran-kooperatif-tifequestion-student-have-pada-materi-sumber-daya-alamsuatu-penelitian-pada-siswa-kelas-xi-ips-sma-tridharma-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Sriwahyuni, 451 407 072. Skripsi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tife Question Student Have Pada Materi Sumber Daya Alam. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh rendahnya partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran serta siswa masih kurang percaya diri dalam mengungkapkan pertanyaannya. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tife Question Student Have. Siswa yang menjadi subjek tindakan kelas adalah kelas XI IPS SMA Tridharma Kota Gorontalo Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 14 orang. Data diperoleh menggunakan hasil belajar siswa, lembar pengamatan aktivitas guru, dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajarn Kooperatif Tife Question Student Have dapat meningkatkan hasil belajar siswa XI IPS SMA Tridharma Kota Gorontalo pada pelajaran Geografi khususnya materi Sumber Daya Alam. Hasilnya dapat dilihat pada siklus 1 yaitu hasil belajar siswa dari 14 siswa ada 10 Siswa ( 64,28% ) yang tuntas. Selanjutnya pada siklus II dari 14 siswa yang tuntas meningkat menjadi 13Orang ( 92,85%). Dengan demikian indikator keberhasilan yang ditentukan telah tercapai sehingga tidak perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tife Question Student Have, Hasil Belajar Siswa 2 ABSTRACT Sriwahyuni, 451407072. Skripsi Improve Student Results Using Cooperative Learning Model TiFe Question Student Have In Matter of Natural Resources. This study was motivated by the low student learning outcomes caused by low student participation in learning activities and students still lack confidence in expressing his question. The purpose of this research is to improve student learning outcomes using cooperative learning model tife Question Student Have. Students who become the subject of a class action is of class XI IPS SMA Tridharma Gorontalo City School Year 2013/2014, amounting to 14 people. Data obtained using the results of student learning, teacher observation sheet activities, and observation of student activity sheets. These results indicate that the model learning Question Have Cooperative TiFe can improve student learning outcomes XI IPS SMA Tridharma Gorontalo city in Geography lessons , especially the material of Natural Resources . The result can be seen in cycle 1 that student learning outcomes of 14 students , there are 10 students ( 64.28 % ) were completed . Furthermore, in the second cycle of the 14 students who completed increased to 13Orang ( 92.85 % ). Thus defined indicators of success has been achieved so do not need to be continued in the next cycle . Keywords : Cooperative Learning Model TiFe Have Question Student, Student Results