STUDI EVALUASI MISKONSEPSI SISWA KELAS XI PADA KONSEP ATOM, ION, DAN MOLEKUL DI SMA NEGERI 1 TELAGA

Main Author: NINING BURSAI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2017
Subjects:
Xi
Ion
Dan
Di
Sma
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/441412050/studi-evaluasi-miskonsepsi-siswa-kelas-xi-pada-konsep-atom-ion-dan-molekul-di-sma-negeri-1-telaga.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nining Bursai. 2017. Studi evaluasi miskonsepsi siswa kelas XI pada konsep atom, ion, dan molekul di SMA Negeri 1 Telaga. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia Program Pendidikan Strata-1 (S1) Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Dosen pembimbing I Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd dan Pembimbing II Suleman Duengo, S.Pd, M.Si. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui persentase siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Talaga yang mengalami miskonsepsi pada konsepatom, ion, dan molekul. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5, berjumlah 62 siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan tes three-tier sebagai alat evaluasi untuk mengukur miskonsepsi konsep atom, ion, dan molekul sebanyak 20 butir soal bertingkat yang berbentuk pilihan ganda. Pilihan jawaban siswa akan dianalisis sesuai kategori pemahaman siswa yang diistilakan dengan miskonsepsi. Hasil penelitian adalah banyaknya siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Telaga yang mengalami miskonsepsi pada konsep atom, ion, dan molekul paling tinggi terjadi pada subkonsep ion sebesar 59,60%. Pada subkonsep molekul 59.25%, dan pada subkonsep atom sebesar 50,65%. Kata Kunci : Evaluasi, Three-tier test, miskonsepsi, konsep atom, ion, molekul.