PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI ATOM, ION, MOLEKUL PADA SISWA SMP N 2 GORONTALO
Main Author: | AISYA HARUN |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/441412023/pengaruh-penerapan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-numbered-heads-together-terhadap-hasil-belajar-ipa-materi-atom-ion-molekul-pada-siswa-smp-n-2-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajara kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA terpadu khususnya pada materi Atom, Ion, dan Molekul. Metode yang digunakan pada Penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pretest posttest control grup design. Pengambilan sampel menggunakan purpose sampling, dengan jumlah populasi 54 siswa kelas VIII yang sekaligus menjadi sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t. Hasil statistika diperoleh thitung = 12,417 > ttabel = 2,00665 pada = 0,05. Maka hipotesis H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar IPA materi materi atom ion dan molekul pada siswa SMP Negeri 2 Gorontalo. Kata Kunci : Model pembelajaran NHT, Atom ion& molekul IPA terpadu