Analisis Miskonsepsi Siswa SMA kelas XI pada konsep laju reaksi Menggunakan Two-Tier Multiple Choice dan Certainty Of Response Index (CRI)
Main Author: | NUR LAILA IBRAHIM |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/441411077/analisis-miskonsepsi-siswa-sma-kelas-xi-pada-konsep-laju-reaksi-menggunakan-two-tier-multiple-choice-dan-certainty-of-response-index-cri.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Nurlaila Ibrahim. 2015. " Analisis Miskonsepsi Siswa SMA Kelas XI pada Konsep Laju Reaksi Menggunakan Two-Tier Multiple Choice dan Certainty Of Response Index Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yang bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi yang terjadi pada siswa untuk materi laju reaksi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri I Telaga sebanyak 23 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes diagnostik sebanyak 15 soal dilengkapi dengan CRI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi miskonsepsi pada materi laju reaksi pada siswa. Hasilnya diperoleh rata-rata persentase miskonsepsi untuk setiap indikator yaitu sebesar 16% untuk indikator Konsep laju reaksi, 34% untuk indikator persamaan laju reaksi, 25,36% untuk indikator faktor yang mempengaruhi laju reaksi dan 10,86% untuk indikator teori tumbukan. sedangakan pola miskonsepsi yang ditemukan dalam penelitian ini adalah: 1) Kata Kunci : Miskonsepsi, Tes Diagnostik, Certainty of Response Index, dan Konsep Laju Reaksi.