PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA N 1 ATINGGOLA PADA MATERI KOLOID
Main Author: | CINDRAWATI BAHU |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/441411046/pengaruh-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-think-pair-share-tps-terhadap-hasil-belajar-siswa-kelas-xi-ipa-sma-n-1-atinggola-pada-materi-koloid.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Cindrawati Bahu. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think pair share (TPS) Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Atinggola pada materi koloid. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia Program Pendidikan Strata-1 (S1) Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Dosen pembimbing I Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing II Julhim S. Tangio, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe (TPS) pada materi koloid. Metode penelitian ini merupakan metode kuantitatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2, berjumlah 59 siswa, dengan mengunakan jenis penelitian Pre-Experimental Design dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah "one group pre-test dan post-test". Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes objektif sebanyak 15 nomor soal yang digunakan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (TPS) pada materi koloid. Pengujian hipotesis data pada hasil penelitian diuji menggunakan uji analisis korelasi dan parians (anakova). Berdasarkan kriteria pengujian tolak H0 jika Fhitung Ftabel pada taraf signikansi 0,05. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe (TPS) pada kelas XI IPA I dan XI IPA 2 SMA N 1 Atinggola pada materi koloid. Berdasarkan pengujian tersebut diperoleh Fhitung = 13,8414 Ftabel = 4,02 maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif TPS dan kimia koloid