PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENGETAHUAN METAKOGNITIF PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 DUNGALIYO KABUPATEN GORONTALO

Main Author: RIA N. NURKAMIDEN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2018
Subjects:
Xi
Ipa
Di
Sma
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/431414001/pengembangan-bahan-ajar-berbasis-pengetahuan-metakognitif-pada-materi-sistem-pencernaan-manusia-kelas-xi-ipa-di-sma-negeri-1-dungaliyo-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ria N.Nurkamiden. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pengetahuan Metakognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas XI IPA Di SMA Negeri 1 Dungaliyo. Hasil. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Djuna Lamondo, M.Si dan Pembimbing II Dr. Hartono D. Mamu, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas bahan ajar berbasis pengetahuan metakognitif pada materi sistem pencernaan di kelas XI IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D (four- D). 1) Hasil validitas bahan ajar oleh validator ahli diperoleh skor rata-rata 70%-100% sehingga dikategorikan bahan ajar "sangat baik". 2) Hasil penilaian guru biologi diperoleh skor rata-rata 80%-100% sehingga dikategorikan bahan ajar yang "sangat baik". Hasil uji keterbacaan bahan ajar pada 10 orang peserta didik diperoleh skor rata-rata 98% sehingga dikategorikan bahan ajar yang "sangat baik". Kesimpulan penelitian ini telah menghasilkan bahan ajar berbasis pengetahuan metakognitif pada materi sistem pencernaan di kelas XI IPA sebagai alat pembejaran. Kata Kunci: Pengembangan Bahan ajar, Pengetahuan metakognitif, Materi sistem Pencernaan