Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pengetahuan Metakognitif pada MaterI Genetik Untuk Siswa SMA Kelas XII IPA

Main Author: SUSANTI SOLANGO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2017
Subjects:
Sma
Xii
Ipa
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/431412078/pengembangan-bahan-ajar-berbasis-pengetahuan-metakognitif-pada-materi-genetik-untuk-siswa-sma-kelas-xii-ipa.html
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis pengetahuan metakognitif pada materi genetik untuk siswa SMA Kelas XII IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D (Four-D). Pada tahap define diperoleh hasil pendefinisian kebutuhan belajar yang meliputi pencapaian KI dan KD, Hasil analisis karakter siswa, kebutuhan belajar siswa tentang materi genetik dan perumusan tujuan pembelajaran. Tahap design menghasilkan rancangan awal desain bahan ajar berbasis pengetahuan metakognitif. Tahap develop bahan ajar berdasarkan penilaian: 1) Ahli materi diperoleh persentase keideal an bahan ajar sebesar 85,55% sehingga termasuk dalam kategori "sangat baik". 2) Ahli desain isi diperoleh persentase keidealan bahan ajar sebesar 90,62% sehingga dikategorikan "sangat baik". 3) Praktisi pembelajaran biologi diperoleh persentase keidealan sebesar 98,94%. sehingga dikategorikan "sangat baik". Hasil uji respon yang dilakukan pada 10 peserta didik (responden) diperoleh persentase keidealan sebesar 98,12% sehingga dikategorikan "sangat baik". Kesimpulannya, penelitian ini telah menghasilkan bahan ajar berbasis pengetahuan metakognitif pada materi Genetik Untuk Siswa SMA Kelas XII IPA sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan Bahan ajar, Pengetahuan metakognitif, Materi genetik