PENGEMBANGAN INSTRUMEN PEMBELAJARAN BERBASIS PENGETAHUAN METAKOGNITIF PADA MATERI GENETIK UNTUK KELAS XII IPA
Main Author: | M. AZIS SETYA ISMAWAN |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/431412073/pengembangan-instrumen-pembelajaran-berbasis-pengetahuan-metakognitif-pada-materi-genetik-untuk-kelas-xii-ipa.html |
Daftar Isi:
- M. Azis Setya Ismawan 2016." Pengembangan Instrumen Pembelajaran Berbasis Pengetahuan Metakognitif pada Materi Genetik untuk Kelas XII IPA" Skripsi jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Pembeimbing I Dr. Elya Nusantari, M. Pd, dan Pembimbing II Dra. Aryati Abdul, M. Kes. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang bertujuan untuk mengembangkan instrument pengetahuan berbasis pembelajaran metakognitif pada materi genetik. Jenis penelitian 4 D Define, Design, Development dan Deciminate ini dilakukan berdasarkan modifikasi model Thiagarajan dengan beberapa tahap yaitu analisis kebutuhan, pengembangan draf, tinjauan ahli dan uji coba produk awal. Hasil analisis kebutuhan menunjukan bahwa belum ada instrument pengukuran metakognitif yang digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik, kurangnya pemahaman guru tentang metakognitif, serta belum dikembangkannya instrument pembelajaran berbasis pengetahuan metakognitif. Proses pengembangan draf intrumen dilakukan dengan menggunakan urutan dimensi pengetahuan (deklaratif, procedural, dan kondisional). Pada tahap tinjauan ahli instrument memerlukan revisi pada desain, dan isi. Hasil uji kelompok kecil menunjukan bahwa repon peserta didik sangat baik terhadap instrument metakognitif yang dikembangkan. Kata Kunci : Instrumen Pembelajaran, pengetahuan Metakognitif, Materi Genetik