Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Biologi Berbasis Potensi Lokal Hutan Mangrove dengan Strategi Discovery Learning pada Materi Pokok Keanekaragaman Hayati untuk Kelas X di SMA Negeri 1 Popayato

Main Author: RAHMAH
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
X
Di
Sma
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/431410005/pengembangan-lembar-kerja-peserta-didik-lkpd-biologi-berbasis-potensi-lokal-hutan-mangrove-dengan-strategi-discovery-learning-pada-materi-pokok-keanekaragaman-hayati-untuk-kelas-x-di-sma-negeri-1-popayato.html
Daftar Isi:
  • Rahmah. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Biologi Berbasis Potensi Lokal Hutan Mangrove dengan Strategi Discovery Learning pada Materi Pokok Keanekaragaman Hayati untuk Kelas X di SMA Negeri 1 Popayato. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Elya Nusantari, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing 2 Dr. Dewi Wahyuni K. Baderan, S.Pd., M.Si. Hutan mangrove sebagai potensi lokal Provinsi Gorontalo dapat menjadi sumber belajar bagi peserta didik. Dalam memanfaatkan hutan mangrove sebagai sumber belajar, peserta didik dapat melakukan kegiatan pengamatan atau penemuan (discovery), sehingga diperlukan suatu instrumen berupa lembar kerja peserta didik (LKPD). Pada saat ini LKPD yang biasa digunakan masih bersifat umum dan belum sesuai dengan potensi lokal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan desain LKPD berbasis potensi lokal hutan mangrove dengan strategi discovery learning berdasarkan hasil validasi oleh validator ahli, serta penilaian oleh guru biologi dan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D (Four-D) yang terdiri dari tahap define, design, develop, desseminate. Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan validasi serta penilaian praktisi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang berupa saran-saran perbaikan dari validator ahli, penilaian oleh guru biologi dan respon keterbacaan peserta didik terhadap LKPD. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas LKPD termasuk dalam kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu desain LKPD biologi berbasis potensi lokal hutan mangrove dengan strategi discovery learning memiliki kualitas sangat baik sehingga layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan LKPD, Potensi Lokal Hutan Mangrove, Strategi Discovery Learning