Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di Kelas XA Madrasah Aliyah Muhamadiyah Boliyohuto Kabupaten Gorontalo
Main Author: | MINANGSI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/431407032/penerapan-model-pembelajaran-inkuiri-terbimbing-guided-inquiry-untuk-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materi-ekosistem-di-kelas-xa-madrasah-aliyah-muhamadiyah-boliyohuto-kabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Minangsi, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di Kelas X Madrasah Aliyah Muhamadiyah Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Dr. Lilan Dama, M.Pd. sebagai pembimbing I dan pembimbing II Dr. Dewi Wahyuni K Baderan, S.Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) di kelas X madrasah aliyah muhamadiyah boliyohuto. Sampel penelitian ini adalah kelas XA Madrasah Aliyah Muhamadiyah Boliyohuto, tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 14 orang, 8 orang siswa dan 6 orang siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester ganjil dan pelaksanaannya dalam dua siklus, yaitu siklus 1 dilaksanakan 2 kali pertemuan, siklus 2 dilaksanakan 1 kali pertemuan. Kriteria keberhasilan penelitian adalah 85% siswa memperoleh nilai â 75, serta pengamatan terhadap kegiatan guru dan siswa mencapai 85% maka tindakan dinyatakan berhasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 85.7%. Kata kunci : Guided Inquiry, hasil Belajar