Pengembangan Pembelajaran Perangkat Sains Melalui Pendekatan PAKEM Berintegrasi Pendidikan Karakater di SMP se- Kota Gorontalo
Main Author: | Nova Elysia Ntobuo |
---|---|
Format: | Journal |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/hasilriset/show//429/pengembangan-pembelajaran-perangkat-sains-melalui-pendekatan-pakem-berintegrasi-pendidikan-karakater-di-smp-se-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan menerapkan pendekatan PAKEM berintegrasi Pendidikan Karakter pada materi Bunyi di Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Gorontalo. Perangkat pembelajaran tersebut terdiri dari Silabus, Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Bahan Ajar, Tes Hasil Belajar (THB), Instrumen Penilaian Karakter Siswa, Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa dan Lembar Pengamatan Keterlaksanaan RPP, Proses pengembangan perangkat ini menggunakan model pengembangan perangkat 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) yaitu Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan dan Penyebaran. Hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar validasi perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran ini telah divalidasi oleh validator yang menyatakan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti dengan menggunakan pendekatan PAKEM berintegrasi Pendidikan Karakter memiliki kualitas baik dan layak digunakan pada proses belajar mengajar di sekolah.