Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Melalui Pendekatan PAKEM Berintegrasi Pendidikan Karakter di SMP se- Kota Gorontalo

Main Author: Supartin
Format: Journal
Terbitan: , 2014
Subjects:
Di
Smp
Se-
Online Access: http://repository.ung.ac.id/hasilriset/show//424/pengembangan-perangkat-pembelajaran-sains-melalui-pendekatan-pakem-berintegrasi-pendidikan-karakter-di-smp-se-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan menerapkan pendekatan PAKEM berintegrasi Pendidikan Karakter pada materi Bunyi di Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Gorontalo. Perangkat pembelajaran tersebut terdiri dari Silabus, Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Bahan Ajar, Tes Hasil Belajar (THB), Instrumen Penilaian Karakter Siswa, Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa dan Lembar Pengamatan Keterlaksanaan RPP, Proses pengembangan perangkat ini menggunakan model pengembangan perangkat 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) yaitu Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan dan Penyebaran. Hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar validasi perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran ini telah divalidasi oleh validator yang menyatakan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti dengan menggunakan pendekatan PAKEM berintegrasi Pendidikan Karakter memiliki kualitas baik dan layak digunakan pada proses belajar mengajar di sekolah.