Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Gorontalo Pada Mata Pelajaran IPA (Fisika) Materi Pokok Tekanan
Main Author: | NOFALIA PAPUTUNGAN |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/421414074/pengaruh-model-pembelajaran-children-learning-in-science-clis-terhadap-hasil-belajar-siswa-kelas-viii-di-smp-negeri-5-gorontalo-pada-mata-pelajaran-ipa-fisika-materi-pokok-tekanan.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Nofalia Paputungan. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran CLIS Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tekanan. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.rer.nat.Mohamad Jahja, S.Si, M.Si dan Pembimbing II Dewa Gede Eka Setiawan, S.Pd, M.Sc. Proses pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, dan rendahnya hasil belajar siswa di sekolah SMP N 5 Gorontalo khususnya mata pelajaran fisika.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Clis dan model pembelajaran konvensional. Penelitian Ini menggunakan metode true eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini dilakasakan di SMP N 5 Gorontalo yang populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel di ambil dengan menggunakan Cluser Random Sampling kemudian yang menjadi kelas perlakuan adalah kelas VIIIC dan kelas VIIIE yang siswanya sebanyak 31 siswa tiap kelas. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian dari uji t yang di peroleh adalah thitung = 3,61 > ttabel = 1,670, karena thitung lebih besar dari pada ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Clis Terhadap hasil belajar siswa pada kelas VIII di SMP N 5 Gorontalo pada mata pelajaran IPA (Fisika) materi pokok Tekanan. Kata Kunci : Model Pembelajaran CLIS , Hasil Belajar