Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Virtual Laboratory Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Pada Materi Gelombang Bunyi Dan Cahaya
Main Author: | NINING PAPUTUNGAN |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/421414033/pengaruh-model-pembelajaran-berbasis-virtual-laboratory-terhadap-hasil-belajar-siswa-kelas-xi-ipa-pada-materi-gelombang-bunyi-dan-cahaya.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Nining Paputungan. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Virtual Laboratory Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Kelas XI IPA pada Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing: (1) Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd, (II) Tirtawati Abdjul, S.Pd, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada pelajaran fisika yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis Virtual Laboratory dan model pembelajaran konvensional dengan menggunakan real eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri se-Kabupaten Pohuwato tahun pelajaran 2017/2018 dan sampel penelitian diambil 2 sekolah dengan cara tehnik simple random sampling . Data yang terkait dianalisis dengan uji t idependen. Hasil analisis data diperoleh hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis Virtual Laboratory lebih uunggul daripada model pembelajaran konvensional yang menggunakan real experiment. Kata kunci: Virtual Laboratory, Real Experiment, Hasil belajar