Implementasi Media Pembelajaran Komik IPA Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 83 Kota Tengah Gorontalo
Main Author: | LILIS SURYANY |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/421413046/implementasi-media-pembelajaran-komik-ipa-untuk-meningkatkan-aktivitas-dan-hasil-belajar-siswa-kelas-v-sdn-83-kota-tengah-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Lilis Suryany. 2017. "Implementasi Media Pembelajaran Komik IPA untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 83 Kota Tengah Gorontalo". Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universita Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran komik. Penelitian ini dilakukan di SDN 83 Kota Tengah Gorontalo, data yang diperoleh bahwa penerapan media komik di tingkatan SD pada materi gaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Dapat dilihat pada rata-rata aktivitas peserta didik memperoleh persentase kriteria sangat baik sebesar 35,33%, pada kriteria baik sebesar 59,33%, dan pada kriteria cukup sebesar 5,34%. Pada persentase keterlaksanaan proses pada siklus I sebesar 96,67%.. Sedangkan jumlah persentase hasil belajar peserta didik pada siklus I, jumlah ketuntasan individual yang mencapai ketuntasan sejumlah 92 % dan 8 % lainnya belum mencapai ketuntasan. Sedangkan secara kalasikal mencapai ketuntasan 86,85%. Kata Kunci: media komik, aktivitas belajar, dan hasil belajar