Pengaruh Penggunaaan Media Pembelajaran berbasis PhET Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bunyi

Main Author: NI NYOMAN PUJIANI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/421413018/pengaruh-penggunaaan-media-pembelajaran-berbasis-phet-terhadap-hasil-belajar-siswa-pada-materi-bunyi.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ni Nyoman Pujiani. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis PhET Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bunyi. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Mursalin, M.Si, (II) Tirtawati Abdjul, S.Pd, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada pelajaran fisika yang dibelajarkan dengan media pembelajaran berbasis PhET dan model pembelajaran konvensional dengan menggunakan media power point. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gorontalo tahun pelajaran 2016/2017 dan sampel penelitian diambil 2 kelas dengan cara tehnik cluster simple random sampling. Data yang terkait dianalisis dengan uji t idependen. Dari hasil analisis data diperoleh hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis PhET lebih tinggi daripada model pembelajaran konvensional yang menggunakan power point. Kata kunci: PhET, Media pembelajaran, Hasil belajar