Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe STAD (Student Team Achievement Division) yang Diintegrasikan dengan Metode Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa pada Materi Termodinamika

Main Author: BASRI PASAMBUNA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/421411001/pengaruh-model-pembelajaran-cooperative-tipe-stad-student-team-achievement-division-yang-diintegrasikan-dengan-metode-group-investigation-gi-terhadap-hasil-belajar-fisika-siswa-pada-materi-termodinamika.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Basri Pasambuna, 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe STAD (Student Team Achievement Division) yang Diintegrasikan dengan Metode Group Investigation (GI). Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa pada Materi Termodinamika. Suatu penelitian eksperimen Di SMK Negeri 1 Suwawa. Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA. Pembimbing I Dr. Narwin Sune, M.Si dan Pembimbing II Supartin, M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Tipe STAD (Student Team Achievement Division) yang Diintegrasikan dengan Metode Group Investigation (GI) dan dibelajarka menggunakan Model Pengajaran Langsung. Tes diberikan kepada siswa yang berada di kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing satu kali yaitu posttest. Data hasil penelitian diolah secara statistik untuk menguji normalitasnya dengan menggunaka rumus uji Liliefors dan diperoleh nilai untuk kelas eksperimen, L_hitung = 0,137 ttable= 1,68. Therefore, it can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted. It can be concluded that there is a difference of the average of learning achievement division (STAD) integrated with group investigation (GI) method and those who are treated using direct learning model. Keyword: STAD (Students Team Achievement Division) Type Cooperative Learaning, Group Investigation, student's learning Achievement.