PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN FISIKA MATERI HUKUM GERAK NEWTON KELAS X SMA NEGERI 1 TELAGA
Main Author: | SITRIA H. HUNOWU |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/421410116/pengaruh-pendekatan-saintifik-terhadap-hasil-belajar-siswa-pada-pelajaran-fisika-materi-hukum-gerak-newton-kelas-x-sma-negeri-1-telaga.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Sitria H. Hunowu. 421 410 116. Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Fisika Materi Hukum Gerak Newton Kelas X SMA Negeri 1 Telaga. Program Studi S1 Pendidikan Fisika. Jurusan Fisika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Telaga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan konflik kognitif pada materi hukum gerak Newton. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Telaga dengan jumlah siswa sebanyak 174 orang yang tersebar dalam 6 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan didapatkan 2 kelas yang dijadikan kelas eksperimen yaitu kelas X MIA 3 dengan jumlah siswa 28 orang dan kelas kontrol yaitu X MIA 2 dengan jumlah siswa 29 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan Posttest-Only Control Design. Dalam penelitian ini, data diolah dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data menggunakan uji Lilliefors, uji homogenitas menggunakan uji F, dan uji hipotesis menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata skor hasil belajar siswa untuk kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan saintifik memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan pendekatan konflik kognitif yaitu dengan nilai x1=92,629 > x2 = 88,577. Perbedaan hasil belajar siswa ini dapat dilihat dari pengujian statistik dengan menggunakan uji t pada taraf = 0,05 diperoleh nilai t_hitung=2,5627>t_tabel=2,0084. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan pendekatan saintifik dengan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan pendekatan konflik kognitif. Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar Siswa