PENERAPAN STRATEGI REACT ( RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKANAN KELAS VIII SMP N 1 BOLIYOHUTO
Main Author: | EFRIYANTI KASMAN TALIPI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/421410105/penerapan-strategi-react-relating-experiencing-applying-cooperating-transferring-untuk-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materi-tekanan-kelas-viii-smp-n-1-boliyohuto.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Efriyanti K. Talipi. 421 410 105 . Penerapan Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tekanan Kelas VIII SMP N I Boliyohuto. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd, Pembimbing II Supartin, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan strategi REACT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tekanan di Kelas VIII SMPN I Boliyohuto. Bagaimana aktivitas siswa dan guru pada pembelajaran menggunakan strategi REACT untuk meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada materi tekanan di kelas VIII SMP N 1 Boliyohuto. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini, yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Strategi REACT pada materi tekanan di kelas VIII SMP N I Boliyohuto. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC yang berjumlah 28 orang, 12 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas ( PTK ) melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan evaluasi berlangsung dalam 2 kali siklus dan hasilnya dideskripsikan melalui tahap analisis data. Hasil penelitian yang dianalisis pada siklus 1 dan siklus II telah terjadi peningkatan yakni dari 53, 57 % yang memperoleh nilai lebih dari 80 dengan daya serap 65,9 % meningkat menjadi 82,14 % dengan daya serap 82,04 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi REACT dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Strategi REACT