PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA
Main Author: | ISTIANAH |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/421410056/pengaruh-penerapan-model-pembelajaran-mastery-learning-terhadap-hasil-belajar-fisika-siswa.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Istianah, 2015. "Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning Terhadap hasil Belajar Fisika Siswa". Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran mastery learning terhadap hasil belajar siswa dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan setelah pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kwandang Tahun Pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VIII-a dengan jumlah siswa 14 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes hasil belajar. Sebelum digunakan instrument penelitian diuji validitas dan reliabilitasnya kepada 13 orang siswa diluar sampel. Peningkatan hasil belajar pre-test dan post-test dilihat dari rata-rata gain pada tiap pertemuan adalah sebesar 0,54 dengan kriteria sedang. Untuk menguji hipotesis digunakan uji-t yaitu (thitung = 20,27564 > ttabel = 2,16). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar fisika siswa SMP jika dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran mastery learning. Kata Kunci: Mastery Learning, Hasil Belajar Siswa.