PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PHET SIMULATIONS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA

Main Author: RAMLAN KANING
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/421410044/pengaruh-penggunaan-media-pembelajaran-phet-simulations-terhadap-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-fisika.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ramlan Kaning, 2016. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran PhET Simulations Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Mursalin M.Si, danPembimbing II Dr. Sunarty S. Eraku, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran PhET Simulations dan kelas kontrol yang mengguanakan media Power point. Penelitian ini melibatkan kelompok eksperimen (XI IPA1) dan kelompok kontrol (XI IPA2). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI di SMA Negeri 1 Tapa dan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan Cluster Sampling (Area Sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes. Tes diberikan pada siswa yang berada dikelas eksperimen dan kelas kontrol. Data hasil penelitian diuji normalitasnya dengan menggunakan uji statistik yaitu dengan menggunakan rumus chi kuadrat dan diperoleh nilai 2hitung &#226 2tabel yaitu kelas eksperimen sebesar 8,584