PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MULTI LEVEL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR

Main Author: TITI PAUNO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Dan
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/421410024/pengaruh-model-pembelajaran-kooperatif-multi-level-terhadap-hasil-belajar-siswa-pada-materi-suhu-dan-kalor.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Titi Pauno. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Multi Level Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor Suatu Penelitian di SMA Negeri 1 Anggrek, kab. Gorontalo Utara. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Sunarty S Eraku M.Pd dan Pembimbing II Tirtawaty Abdjul M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif multi level dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran kooperatif learning together. Penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas X di SMA NEGERI 1 ANGGREK, Kab. Gorontalo Utara, sedangkan sampel adalah kelas X1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 25 siswa dan kelas X4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh harga Fhitung= 47,00 sedangkan Ftabel sebesar 4,05 untuk taraf 5 %. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif multi level dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif learning together. Perbedaan tersebut ditunjukkan oleh skor rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol yang memiliki perbedaan sebesar 17,6%. Jadi, hasil diperoleh model pembelajaran kooperatif multi level dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Multi Level, Hasil Belajar Siswa, Suhu dan Kalor